Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah, sistem penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada perguruan tinggi dilakukan melalui seleksi secara nasional dan bentuk lain.
Secara rinci, informasi tentang tata cara pendaftaran dan pelaksanaan SNMPTN 2013 akan dimuat dalam Buku Panduan yang dapat diakses di laman (website) resmi http://www.snmptn.ac.id. Mudah-mudahan Informasi ini bermanfaat bagi persiapan peserta untuk mengikuti SNMPTN 2013.
Berikut kisi-kisi UN SMK tahun 2013
KISI-KISI UJIAN
NASIONAL SMK
BAHASA
INDONESIA
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
|
|
1.
|
Membaca
berbagai informasi tertulis
|
Menentukan
gagasan pokok, simpulan, makna istilah,
|
|
dalam konteks
bermasyarakat dan
|
kalimat
penjelas, pernyataan yang sesuai dengan isi
|
|
berbagai
bentuk teks.
|
paragraf.
|
|
|
Menentukan jenis laporan.
|
|
|
Menentukan isi petunjuk kerja.
|
|
|
Menentukan isi riwayat
hidup/biografi.
|
|
|
Menentukan isi grafik/matriks.
|
|
|
Menentukan
tanggapan logis dan tanggapan yang
|
|
|
sesuai dengan
isi paragraf.
|
|
|
Menentukan
kata baku/tidak baku, kata bersinonim/
|
|
|
berantonim,
kata bermakna konotasi, kata bermakna
|
|
|
proses/hasil,
dan perubahan makna kata.
|
|
|
Menentukan
kalimat tanya yang sesuai dengan
|
|
|
konteks.
|
|
|
Menentukan
kalimat yang berbentuk opini/fakta
|
|
|
dalam
paragraf.
|
|
|
Menentukan makna
ungkapan/peribahasa.
|
|
|
Menentukan tema dan majas dalam
puisi.
|
|
|
Menentukan amanat cerpen/novel.
|
|
|
Menentukan latar dan tahapan
alur novel/roman.
|
|
|
Menentukan unsur ekstrinsik
novel.
|
|
|
Menentukan isi naskah drama,
dan perwatakan tokoh.
|
2.
|
Menulis
berbagai teks dalam konteks
|
Menentukan
penulisan kata, pilihan kata, dan
|
|
bermasyarakat;
membuat parafrasa;
|
ungkapan.
|
|
menulis
jenis-jenis wacana (naratif,
|
Menentukan
pikiran penjelas, kalimat efektif, kalimat
|
|
deskriptif,
ekspositoris, argumentatif);
|
yang
menyatakan hubungan perbandingan, dan
|
|
meringkas
teks; menyimpulkan isi
|
susunan topik
karangan.
|
|
teks; menulis
proposal, surat, dan
|
Menentukan
tujuan, jenis kegiatan, dan sistematika
|
|
laporan.
|
penulisan proposal.
|
|
|
Menentukan
penulisan bagian-bagian surat, kalimat
|
|
|
pembuka,
kalimat penutup, kalimat surat balasan
|
|
|
yang santun.
|
|
|
Menentukan kalimat memo.
|
|
|
Menentukan isi
surat berita keluarga.
|
|
|
Melengkapi
paragraf sesuai dengan jenisnya.
|
|
|
Melengkapi bagian-bagian surat
kuasa.
|
|
|
Menentukan isi surat perjanjian
jual beli.
|
|
|
Menentukan kalimat pengumuman.
|
|
|
Menyusun catatan kaki.
|
|
|
Menentukan isi catatan hasil
rapat.
|
Kompetensi–Standar
Isi–2012-2013
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
|
|
|
|
Menentukan isi
kata pengantar laporan, dan simpulan
|
|
|
laporan.
|
|
|
Menentukan kalimat poster.
|
Kompetensi–Standar
Isi–2012-2013
BAHASA
INGGRIS SMK
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
|
|
1.
|
Listening (Mendengarkan)
|
1. Pictures
|
|
Memahami makna
dalam wacana
|
Menentukan
pernyataan lisan yang tepat tentang
|
|
lisan
interpersonal, transaksional,
|
kegiatan yang
sedang berlangsung di dalam ruangan
|
|
monolog
sederhana dan teks
|
(indoor)/di
luar ruangan (outdoor) sesuai dengan
|
|
fungsional
pendek berkaitan dengan
|
gambar.
|
|
kehidupan
sehari-hari, pekerjaan dan
|
Menentukan
pernyataan lisan yang tepat tentang
|
|
keprofesian.
|
lokasi suatu benda/posisi
seseorang sesuai dengan
|
|
|
gambar.
|
|
|
Menentukan
pernyataan lisan yang tepat tentang
|
|
|
penampilan
(ciri-ciri fisik) seseorang/deskripsi benda
|
|
|
sesuai dengan
gambar.
|
|
|
2.Questions/Statements-Responses
|
|
|
Menentukan
respons yang tepat terhadap pernyataan/
|
|
|
pertanyaan
lisan yang berisi pemberian saran/
|
|
|
pendapat.
|
|
|
Menentukan
respons yang tepat terhadap pernyataan/
|
|
|
pertanyaan
lisan yang mengungkapkan sebuah
|
|
|
undangan/penawaran
|
|
|
Menentukan
respons yang tepat terhadap pernyataan/
|
|
|
pertanyaan
lisan yang berisi pemberian arah atau
|
|
|
lokasi suatu
tempat/keberadaan seseorang/kondisi
|
|
|
suatu
benda/tempat
|
|
|
3. Short
Conversation
|
|
|
Menentukan
gambaran umum/informasi tertentu/
|
|
|
informasi
tersirat dari percakapan lisan singkat
|
|
|
tentang
kegiatan sehari-hari/kegiatan yang sedang
|
|
|
berlangsung
|
|
|
Menentukan
gambaran umum/informasi tertentu/
|
|
|
informasi
tersirat dari percakapan lisan singkat
|
|
|
tentang
pemesanan sesuatu/pemberitahuan tentang
|
|
|
keadaan suatu
barang.
|
|
|
Menentukan
gambaran umum/informasi tertentu/
|
|
|
informasi
tersirat dari percakapan lisan singkat
|
|
|
tentang suatu
perijinan/perjanjian
|
|
|
Menentukan
gambaran umum/informasi tersirat dari
|
|
|
percakapan
lisan singkat tentang kegiatan masa
|
|
|
lampau/pendapat
terhadap sesuatu hal
|
|
|
(benda/tempat/masalah)
|
|
|
4. Short Talk
(Monolog)
|
|
|
Menentukan
gambaran umum/informasi tertentu/
|
|
|
informasi
rinci/informasi tersirat dengan tepat dari
|
|
|
monolog lisan
singkat tentang proses pengerjaan/
|
|
|
pengoperasian
suatu alat/tips melakukan sesuatu.
|
Kompetensi–Standar
Isi–2012-2013
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
|
|
|
|
|
|
Menentukan
gambaran umum/informasi tertentu/
|
|
|
|
informasi
rinci/informasi tersirat dengan tepat dari
|
|
|
|
monolog lisan
singkat berbentuk pengumuman
|
|
|
|
singkat/iklan
singkat/brosur suatu produk.
|
|
2.
|
Reading (Membaca)
|
5. Error
Recognition
|
|
|
Memahami dan
merespon makna
|
Menentukan
kata/frasa yang salah yang terdapat
|
|
|
dalam wacana
tulis interpersonal dan
|
dalam kalimat yang menyatakan perbandingan benda/
|
|
|
transaksional,
esai/monolog pendek
|
peraturan atau
penolakan
|
|
|
dan teks
fungsional pendek berkaitan
|
Menentukan
kata/frasa yang salah yang terdapat
|
|
|
dengan
kehidupan sehari-hari,
|
dalam kalimat
yang menyatakan deskripsi benda/
|
|
|
pekerjaan dan keprofesian.
|
tempat wh-questions
|
|
|
|
Menentukan
kata/frasa yang salah yang terdapat
|
|
|
|
dalam kalimat
yang menyatakan deskripsi fisik
|
|
|
|
seseorang (physical
appearance)/benda atau profesi
|
|
|
|
seseorang.
|
|
|
|
Menentukan
kata/frasa yang salah yang terdapat
|
|
|
|
dalam kalimat
yang menyatakan pengandaian/pilihan
|
|
|
|
tindakan.
|
|
|
|
Menentukan
kata/frasa yang salah yang terdapat
|
|
|
|
dalam kalimat
yang menyatakan perasaan seseorang
|
|
|
|
terhadap
sesuatu/pendapat seseorang
|
|
|
|
6. Reading
Comprehension
|
|
|
|
Menentukan
pikiran utama paragraf/gambaran umum
|
|
|
|
atau informasi
tertentu/informasi rinci/informasi
|
|
|
|
tersirat atau
makna kata/frasa dalam
|
|
|
|
surat/memo/pesan/e-mail
bersifat bisnis.
|
|
|
|
Menentukan
pikiran utama paragraf/gambaran umum
|
|
|
|
atau informasi
tertentu/informasi rinci/informasi
|
|
|
|
tersirat atau
makna kata/frasa dari deskripsi
|
|
|
|
perusahaan/profil
perusahaan.
|
|
|
|
Menentukan
pikiran utama paragraf/gambaran umum
|
|
|
|
atau informasi
tertentu/informasi rinci/informasi
|
|
|
|
tersirat atau
makna kata/frasa pada deskripsi
|
|
|
|
pekerjaan
seseorang di waktu lampau/job
|
|
|
|
descriptions
|
|
|
|
Menentukan
pikiran utama paragraf/gambaran umum
|
|
|
|
atau informasi
rinci/informasi tersirat, atau makna
|
|
|
|
kata/frasa
dalam sebuah teks procedure dalam bentuk
|
|
|
|
a.l. manual/
resep/ petunjuk/instruksi atau iklan.
|
|
3.
|
Writing (Menulis)
|
7. Incomplete
Dialog
|
|
|
Mengungkapkan
dan merespon
|
Menentukan
ungkapan untuk melengkapi dialog yang
|
|
|
makna dalam
teks tulis fungsional
|
berisi uraian
tentang suatu kemungkinan/ pemberian
|
|
|
pendek dan
esai sederhana bentuk
|
pendapat.
|
|
|
recount/news
item/procedure secara
|
Menentukan
ungkapan untuk melengkapi dialog yang
|
|
|
akurat dan
berterima dalam konteks
|
berisi
penawaran sesuatu/perintah
|
|
|
kehidupan
sehari-hari, pekerjaan dan
|
|
|
|
Menentukan
ungkapan untuk melengkapi dialog yang
|
|
|
|
keprofesian.
|
|
|
|
berisi
permohonan/pemberian saran.
|
|
|
|
|
|
Kompetensi–Standar
Isi–2012-2013
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
|
|
|
|
Menentukan
ungkapan untuk melengkapi dialog yang
|
|
|
berisi uraian
tentang kegiatan rutin/gerund
|
|
|
Menentukan
ungkapan untuk melengkapi dialog yang
|
|
|
berisi suatu
pilihan atau pemesanan barang/jasa.
|
|
|
Menentukan
ungkapan untuk melengkapi dialog yang
|
|
|
berisi
perintah/permohonan/saran.
|
|
|
Menentukan
ungkapan untuk melengkapi dialog yang
|
|
|
berisi
pengandaian/penggunaan used to (kebiasaan
|
|
|
waktu lampau)
|
|
|
Menentukan
ungkapan untuk melengkapi dialog yang
|
|
|
berisi
rencana/janji yang akan datang/question tag
|
|
|
Menentukan
ungkapan untuk melengkapi dialog yang
|
|
|
berisi
kegiatan waktu lampau/passive voice.
|
|
|
Menentukan
ungkapan untuk melengkapi dialog yang
|
|
|
terkait dengan
kegiatan yang sedang
|
|
|
berlangsung/present
perfect tense
|
|
|
8. Cloze Test
|
|
|
Menentukan
kosa kata (kata kerja/kata depan/kata
|
|
|
sifat) yang
tepat untuk melengkapi teks rumpang
|
|
|
tidak lengkap
pada surat bisnis berbentuk surat
|
|
|
lamaran
kerja/memo
|
|
|
Menentukan
kosa kata (kata kerja/kata depan/kata
|
|
|
sifat) yang
tepat untuk melengkapi teks rumpang
|
|
|
tidak lengkap
pada sebuah
|
|
|
pengumuman/pemberitahuan
|
|
|
Menentukan
kosa kata (kata kerja/kata depan/kata
|
|
|
sifat) yang
tepat untuk melengkapi teks rumpang
|
|
|
tidak lengkap
pada iklan/brosur singkat
|
Kompetensi–Standar
Isi–2012-2013
MATEMATIKA
SMK (KELOMPOK TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN PERTANIAN)
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
|
|
1.
|
Melakukan
operasi bilangan real dan
|
Menyelesaikan
masalah dengan menggunakan
|
|
menerapkannya
dalam bidang
|
operasi
bilangan real.
|
|
kejuruan.
|
Menentukan
hasil operasi bilangan berpangkat dan
|
|
|
bentuk akar,
dan/atau logaritma.
|
2.
|
Memecahkan
masalah yang berkaitan
|
Menyelesaikan
masalah sistem persamaan atau
|
|
dengan sistem
persamaan dan
|
pertidaksamaan
linear dua variabel.
|
|
pertidaksamaan
linear dua variabel
|
|
|
serta dapat
menerapkannya dalam
|
|
|
bidang
kejuruan.
|
|
3.
|
Menyelesaikan
masalah yang
|
Menentukan
fungsi linear dan/atau grafiknya.
|
|
berkaitan
dengan fungsi linear, fungsi
|
Menentukan
fungsi kuadrat dan/atau grafiknya.
|
|
kuadrat,
program linear, dan sistem
|
Menentukan
model matematika dari masalah
|
|
pertidaksamaan linear.
|
program linear.
|
|
|
Menentukan
daerah himpunan penyelesaian dari
|
|
|
masalah
program linear.
|
|
|
Menentukan
nilai optimum dari sistem
|
|
|
pertidaksamaan
linear.
|
4.
|
Menerapkan
konsep matriks dan
|
Menentukan
hasil operasi matriks atau invers suatu
|
|
vektor untuk
memecahkan masalah.
|
matriks.
|
|
|
Menentukan
hasil operasi vektor dan besar sudut
|
|
|
antar vektor
pada bidang atau ruang.
|
5.
|
Menerapkan
prinsip-prinsip logika
|
Menentukan
ingkaran dari suatu pernyataan.
|
|
matematika
dalam pemecahan
|
Menentukan
invers, konvers, atau kontraposisi.
|
|
masalah yang
berkaitan dengan
|
Menarik
kesimpulan dari beberapa premis.
|
|
pernyataan
majemuk dan pernyataan
|
|
|
berkuantor.
|
|
6.
|
Menentukan
unsur-unsur bangun
|
Mengidentifikasi
bangun datar, bangun ruang, dan
|
|
datar,
keliling dan luas bangun datar,
|
unsur-unsurnya.
|
|
luas permukaan
dan volume bangun
|
Menghitung
keliling dan luas bangun datar atau
|
|
ruang,
unsur-unsur irisan kerucut serta
|
menyelesaikan
masalah yang terkait.
|
|
dapat
menerapkannya dalam bidang
|
Menghitung
luas bangun permukaan bangun ruang
|
|
kejuruan.
|
atau menyelesaikan masalah yang
terkait.
|
|
|
Menghitung volume bangun ruang atau
|
|
|
menyelesaikan
masalah yang terkait.
|
7.
|
Menerapkan
konsep perbandingan
|
Menentukan
unsur-unsur segitiga dengan
|
|
trigonometri
dalam pemecahan
|
menggunakan
perbandingan trigonometri.
|
|
masalah.
|
Mengkonversi
koordinat kutub ke koordinat kartesius
|
|
|
atau
sebaliknya.
|
8.
|
Memecahkan
masalah yang berkaitan
|
Mengidentifikasi
pola, barisan, atau deret bilangan.
|
|
dengan barisan
dan deret.
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
|
|
|
barisan atau
deret aritmetika.
|
|
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
|
|
|
barisan dan
deret geometri.
|
9.
|
Menerapkan
konsep peluang dalam
|
Menentukan
permutasi atau kombinasi.
|
Kompetensi–Standar
Isi–2012-2013
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
|
|
|
pemecahan
masalah.
|
Menghitung
peluang suatu kejadian atau frekuensi
|
|
|
harapannya.
|
10.
|
Menerapkan
konsep dan pengukuran
|
Menginterpretasi
data yang disajikan dalam bentuk
|
|
statistik
dalam pemecahan masalah.
|
tabel atau
diagram.
|
|
|
Menghitung
ukuran pemusatan data.
|
|
|
Menghitung
ukuran penyebaran data.
|
11. Menggunakan konsep limit fungsi dan
|
Menentukan limit fungsi aljabar atau fungsi geometri.
|
|
|
turunan fungsi
dalam pemecahan
|
Menentukan
turunan fungsi aljabar atau fungsi
|
|
masalah.
|
geometri.
|
|
|
Menyelesaikan
masalah dengan menggunakan
|
|
|
konsep
turunan.
|
12.
|
Menggunakan
konsep integral dalam
|
Menentukan
integral tak tentu atau integral tentu dari
|
|
pemecahanan
masalah.
|
fungsi aljabar
atau trigonometri.
|
|
|
Menentukan
luas daerah di antara dua kurva.
|
|
|
Menentukan volume benda putar.
|
13
Menerapkan konsep
irisan kerucut Menyelesaikan model matematika dari masalah yang dalam
memecahkan masalah. berkaitan dengan lingkaran atau parabola.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar