syahsmkn2tbalai.blogspot.com

Rabu, 06 Maret 2013

KISI-KISI UN SMK 2013



Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah, sistem penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada perguruan tinggi dilakukan melalui seleksi secara nasional dan bentuk lain.
Secara rinci, informasi tentang tata cara pendaftaran dan pelaksanaan SNMPTN 2013 akan dimuat dalam Buku Panduan yang dapat diakses di laman (website) resmi http://www.snmptn.ac.id. Mudah-mudahan Informasi ini bermanfaat bagi persiapan peserta untuk mengikuti SNMPTN 2013.
Berikut kisi-kisi UN SMK tahun 2013


KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMK

BAHASA INDONESIA

NO
KOMPETENSI
INDIKATOR



1.
Membaca berbagai informasi tertulis
Menentukan gagasan pokok, simpulan, makna istilah,

dalam konteks bermasyarakat dan
kalimat penjelas, pernyataan yang sesuai dengan isi

berbagai bentuk teks.
paragraf.


Menentukan jenis laporan.


Menentukan isi petunjuk kerja.


Menentukan isi riwayat hidup/biografi.


Menentukan isi grafik/matriks.


Menentukan tanggapan logis dan tanggapan yang


sesuai dengan isi paragraf.


Menentukan kata baku/tidak baku, kata bersinonim/


berantonim, kata bermakna konotasi, kata bermakna


proses/hasil, dan perubahan makna kata.


Menentukan kalimat tanya yang sesuai dengan


konteks.


Menentukan kalimat yang berbentuk opini/fakta


dalam paragraf.


Menentukan makna ungkapan/peribahasa.


Menentukan tema dan majas dalam puisi.


Menentukan amanat cerpen/novel.


Menentukan latar dan tahapan alur novel/roman.


Menentukan unsur ekstrinsik novel.


Menentukan isi naskah drama, dan perwatakan tokoh.
2.
Menulis berbagai teks dalam konteks
Menentukan penulisan kata, pilihan kata, dan

bermasyarakat; membuat parafrasa;
ungkapan.

menulis jenis-jenis wacana (naratif,
Menentukan pikiran penjelas, kalimat efektif, kalimat

deskriptif, ekspositoris, argumentatif);
yang menyatakan hubungan perbandingan, dan

meringkas teks; menyimpulkan isi
susunan topik karangan.

teks; menulis proposal, surat, dan
Menentukan tujuan, jenis kegiatan, dan sistematika

laporan.
penulisan proposal.


Menentukan penulisan bagian-bagian surat, kalimat


pembuka, kalimat penutup, kalimat surat balasan


yang santun.


Menentukan kalimat memo.


Menentukan isi surat berita keluarga.


Melengkapi paragraf sesuai dengan jenisnya.


Melengkapi bagian-bagian surat kuasa.


Menentukan isi surat perjanjian jual beli.


Menentukan kalimat pengumuman.


Menyusun catatan kaki.


Menentukan isi catatan hasil rapat.
Kompetensi–Standar Isi–2012-2013                                                                                  

NO
KOMPETENSI
INDIKATOR





Menentukan isi kata pengantar laporan, dan simpulan


laporan.


Menentukan kalimat poster.

Kompetensi–Standar Isi–2012-2013                                                                                  

BAHASA INGGRIS SMK

NO
KOMPETENSI
INDIKATOR



1.
Listening (Mendengarkan)
1. Pictures

Memahami makna dalam wacana
Menentukan pernyataan lisan yang tepat tentang

lisan interpersonal, transaksional,
kegiatan yang sedang berlangsung di dalam ruangan

monolog sederhana dan teks
(indoor)/di luar ruangan (outdoor) sesuai dengan

fungsional pendek berkaitan dengan
gambar.

kehidupan sehari-hari, pekerjaan dan
Menentukan pernyataan lisan yang tepat tentang

keprofesian.
lokasi suatu benda/posisi seseorang sesuai dengan


gambar.


Menentukan pernyataan lisan yang tepat tentang


penampilan (ciri-ciri fisik) seseorang/deskripsi benda


sesuai dengan gambar.


2.Questions/Statements-Responses


Menentukan respons yang tepat terhadap pernyataan/


pertanyaan lisan yang berisi pemberian saran/


pendapat.


Menentukan respons yang tepat terhadap pernyataan/


pertanyaan lisan yang mengungkapkan sebuah


undangan/penawaran


Menentukan respons yang tepat terhadap pernyataan/


pertanyaan lisan yang berisi pemberian arah atau


lokasi suatu tempat/keberadaan seseorang/kondisi


suatu benda/tempat


3. Short Conversation


Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/


informasi tersirat dari percakapan lisan singkat


tentang kegiatan sehari-hari/kegiatan yang sedang


berlangsung


Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/


informasi tersirat dari percakapan lisan singkat


tentang pemesanan sesuatu/pemberitahuan tentang


keadaan suatu barang.


Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/


informasi tersirat dari percakapan lisan singkat


tentang suatu perijinan/perjanjian


Menentukan gambaran umum/informasi tersirat dari


percakapan lisan singkat tentang kegiatan masa


lampau/pendapat terhadap sesuatu hal


(benda/tempat/masalah)


4. Short Talk (Monolog)


Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/


informasi rinci/informasi tersirat dengan tepat dari


monolog lisan singkat tentang proses pengerjaan/


pengoperasian suatu alat/tips melakukan sesuatu.


Kompetensi–Standar Isi–2012-2013                                                                                

NO
KOMPETENSI
INDIKATOR







Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/



informasi rinci/informasi tersirat dengan tepat dari



monolog lisan singkat berbentuk pengumuman



singkat/iklan singkat/brosur suatu produk.

2.
Reading (Membaca)
5. Error Recognition


Memahami dan merespon makna
Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat


dalam wacana tulis interpersonal dan
dalam kalimat yang menyatakan perbandingan benda/


transaksional, esai/monolog pendek
peraturan atau penolakan


dan teks fungsional pendek berkaitan
Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat


dengan kehidupan sehari-hari,
dalam kalimat yang menyatakan deskripsi benda/


pekerjaan dan keprofesian.
tempat wh-questions



Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat



dalam kalimat yang menyatakan deskripsi fisik



seseorang (physical appearance)/benda atau profesi



seseorang.



Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat



dalam kalimat yang menyatakan pengandaian/pilihan



tindakan.



Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat



dalam kalimat yang menyatakan perasaan seseorang



terhadap sesuatu/pendapat seseorang



6. Reading Comprehension



Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum



atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi



tersirat atau makna kata/frasa dalam



surat/memo/pesan/e-mail bersifat bisnis.



Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum



atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi



tersirat atau makna kata/frasa dari deskripsi



perusahaan/profil perusahaan.



Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum



atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi



tersirat atau makna kata/frasa pada deskripsi



pekerjaan seseorang di waktu lampau/job



descriptions



Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum



atau informasi rinci/informasi tersirat, atau makna



kata/frasa dalam sebuah teks procedure dalam bentuk



a.l. manual/ resep/ petunjuk/instruksi atau iklan.

3.
Writing (Menulis)
7. Incomplete Dialog


Mengungkapkan dan merespon
Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang


makna dalam teks tulis fungsional
berisi uraian tentang suatu kemungkinan/ pemberian


pendek dan esai sederhana bentuk
pendapat.


recount/news item/procedure secara
Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang


akurat dan berterima dalam konteks
berisi penawaran sesuatu/perintah


kehidupan sehari-hari, pekerjaan dan



Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang


keprofesian.


berisi permohonan/pemberian saran.




 
Kompetensi–Standar Isi–2012-2013                                                                                  

NO
KOMPETENSI
INDIKATOR





Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang


berisi uraian tentang kegiatan rutin/gerund


Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang


berisi suatu pilihan atau pemesanan barang/jasa.


Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang


berisi perintah/permohonan/saran.


Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang


berisi pengandaian/penggunaan used to (kebiasaan


waktu lampau)


Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang


berisi rencana/janji yang akan datang/question tag


Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang


berisi kegiatan waktu lampau/passive voice.


Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang


terkait dengan kegiatan yang sedang


berlangsung/present perfect tense


8. Cloze Test


Menentukan kosa kata (kata kerja/kata depan/kata


sifat) yang tepat untuk melengkapi teks rumpang


tidak lengkap pada surat bisnis berbentuk surat


lamaran kerja/memo


Menentukan kosa kata (kata kerja/kata depan/kata


sifat) yang tepat untuk melengkapi teks rumpang


tidak lengkap pada sebuah


pengumuman/pemberitahuan


Menentukan kosa kata (kata kerja/kata depan/kata


sifat) yang tepat untuk melengkapi teks rumpang


tidak lengkap pada iklan/brosur singkat

Kompetensi–Standar Isi–2012-2013                                                                                  

MATEMATIKA SMK (KELOMPOK TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN PERTANIAN)

NO
KOMPETENSI
INDIKATOR



1.
Melakukan operasi bilangan real dan
Menyelesaikan masalah dengan menggunakan

menerapkannya dalam bidang
operasi bilangan real.

kejuruan.
Menentukan hasil operasi bilangan berpangkat dan


bentuk akar, dan/atau logaritma.
2.
Memecahkan masalah yang berkaitan
Menyelesaikan masalah sistem persamaan atau

dengan sistem persamaan dan
pertidaksamaan linear dua variabel.

pertidaksamaan linear dua variabel


serta dapat menerapkannya dalam


bidang kejuruan.

3.
Menyelesaikan masalah yang
Menentukan fungsi linear dan/atau grafiknya.

berkaitan dengan fungsi linear, fungsi
Menentukan fungsi kuadrat dan/atau grafiknya.

kuadrat, program linear, dan sistem
Menentukan model matematika dari masalah

pertidaksamaan linear.
program linear.


Menentukan daerah himpunan penyelesaian dari


masalah program linear.


Menentukan nilai optimum dari sistem


pertidaksamaan linear.
4.
Menerapkan konsep matriks dan
Menentukan hasil operasi matriks atau invers suatu

vektor untuk memecahkan masalah.
matriks.


Menentukan hasil operasi vektor dan besar sudut


antar vektor pada bidang atau ruang.
5.
Menerapkan prinsip-prinsip logika
Menentukan ingkaran dari suatu pernyataan.

matematika dalam pemecahan
Menentukan invers, konvers, atau kontraposisi.

masalah yang berkaitan dengan
Menarik kesimpulan dari beberapa premis.

pernyataan majemuk dan pernyataan


berkuantor.

6.
Menentukan unsur-unsur bangun
Mengidentifikasi bangun datar, bangun ruang, dan

datar, keliling dan luas bangun datar,
unsur-unsurnya.

luas permukaan dan volume bangun
Menghitung keliling dan luas bangun datar atau

ruang, unsur-unsur irisan kerucut serta
menyelesaikan masalah yang terkait.

dapat menerapkannya dalam bidang
Menghitung luas bangun permukaan bangun ruang

kejuruan.
atau menyelesaikan masalah yang terkait.


Menghitung volume bangun ruang atau


menyelesaikan masalah yang terkait.
7.
Menerapkan konsep perbandingan
Menentukan unsur-unsur segitiga dengan

trigonometri dalam pemecahan
menggunakan perbandingan trigonometri.

masalah.
Mengkonversi koordinat kutub ke koordinat kartesius


atau sebaliknya.
8.
Memecahkan masalah yang berkaitan
Mengidentifikasi pola, barisan, atau deret bilangan.

dengan barisan dan deret.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan


barisan atau deret aritmetika.


Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan


barisan dan deret geometri.
9.
Menerapkan konsep peluang dalam
Menentukan permutasi atau kombinasi.


Kompetensi–Standar Isi–2012-2013                                                                                 

NO
KOMPETENSI
INDIKATOR




pemecahan masalah.
Menghitung peluang suatu kejadian atau frekuensi


harapannya.
10.
Menerapkan konsep dan pengukuran
Menginterpretasi data yang disajikan dalam bentuk

statistik dalam pemecahan masalah.
tabel atau diagram.


Menghitung ukuran pemusatan data.


Menghitung ukuran penyebaran data.
11.    Menggunakan konsep limit fungsi dan
Menentukan limit fungsi aljabar atau fungsi geometri.

turunan fungsi dalam pemecahan
Menentukan turunan fungsi aljabar atau fungsi

masalah.
geometri.


Menyelesaikan masalah dengan menggunakan


konsep turunan.
12.
Menggunakan konsep integral dalam
Menentukan integral tak tentu atau integral tentu dari

pemecahanan masalah.
fungsi aljabar atau trigonometri.


Menentukan luas daerah di antara dua kurva.


Menentukan volume benda putar.
13         Menerapkan konsep irisan kerucut Menyelesaikan model matematika dari masalah yang dalam memecahkan masalah. berkaitan dengan lingkaran atau parabola.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sumber: http://davotmarbun.blogspot.com/2011/11/cara-membuat-tombol-next-page-pada-blog.html#ixzz2EY7BUhSQ